Tuesday, February 27, 2007

Situ Ciharus Trip



Dimana tuh….? Ciharus terletak di seberang Kamojang. Perjalanan direncanakan dengan rute Bandung – Sapan – Majalaya (masih aspal), terus dari Majalaya mulai naik ke kawasan Kamojang dan offroad sampai dengan Ciharus. Dari Ciharus perjalanan dilanjutkan ke arah Cihawuk, keluar di desa Cihawuk dan kemudian dilanjutkan kembali ke Bandung melalui Pacet, Ciparay dan Bandung.

Perjalanan dimulai dari jam 7.30 pagi. Start dari Sekretariat Kape’U di Jl. Surapati Bandung. Perjalanan dilakukan langsung ke arah Sapan dan Majalaya. Tiba di Majalaya sekitar jam 10, dan langsung naik ke arah Kamojang. Rombongan yang diikuti kurang lebih 16 motor trail ini tiba di Wana Wisata Kamojang sekitar pukul 12.00.

Seperti biasa, menu dasar, indomie rebus pake telur dan cabe rawit disantap di warung yang terdapat di kawasan Wana Wisata Kamojang. Setelah membereskan masalah administrasi termasuk (pembayaran uang masuk) dengan jagawana yang ada di Kamojang yang menyambut baik kedatangan rombongan ini, maka perjalanan diteruskan menuju wilayah PLTU Kamojang.

Di desa tepat di depan wilayah PLTU Kamojang, rombongan mengisi bahan bakar untuk motor trailnya. Hampir sekitar 40 liter dilahap oleh seluruh rombongan.

Rombongan melanjutkan perjalanan menuju Ciharus. Masuk melalui salah satu gerbang kawasan PLTU Kamojang dan menembus punggung bukit. Jalan menanjak dilahap hingga tiba saatnya turunan yang tidak berhenti hingga tiba di Situ Ciharus. Tidak sadar waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 sore. Tidak ada apa-apa di Ciharus selain sebuah ketenangan dan keindahan panorama danau di tengah hutan. Ada beberapa pemancing yang sedang memancing dan berasal dari desa yang jaraknya kira-kira 1 jam berjalan kaki.

Setelah istirahat sebentar dan minum kopi panas, maka rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke arah perkebunan Kertasari. Tadinya semua berpikir bahwa tidak ada jalur yang ekstrem, ternyata ada….. Lumayan lah, walaupun cuma ketemu satu. Perjalanan dilanjutkan sampai kemudian keluar di Desa Cihawuk. Saat keluar waktu sudah menunjukkan pukul 18.00. Tidak begitu jauh dari Cihawuk, sebelum Pacet, ditemukan Rumah Makan, hidup NASI……

Secara umum jalur yang dilalui sangat menarik, khususnya pemandangan yang disajikan. Cuma capenya itu. Panjang banget. Variasi jalur sangat lengkap, aspal, batu, tanah hitam, pasir, tanah merah licin (keramik) semuanya ada….

No comments: